Senin, 14 Desember 2009

Permasalahan Koperasi pada Saat Ini

Permasalahan Koperasi pada Saat Ini

Dalam era ini koperasi di Indonesia semakin terpuruk diakibatkan semakin banyaknya badan usaha lain yang muncul. Sehingga banyak koperasi yang tidak mampu untuk bertahan dalam persaingan perekonomian tersebut. Permasalahan yang dihadapi koperasi ini disebabkan oleh ketergantungan koperasi kepada pemerintah. Untuk itu koperasi harus berusaha mandiri agar dapat menemukan jati dirinya dan membenahi ketertinggalannya dari badan usaha lain.
Langkah pertama yang harus dilakukan koperasi adalah dengan cara menggerakan komponen koperasi yang ada. Seperti merekrut pemimpin yang handal dan anggota yang berkualitas dan ditempatkan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Sehingga koperasi dapat mengembangkan manajerialnya dengan baik.
Selanjutnya koperasi harus mempunyai program kerja yang terarah dan perencanaan yang matang dalam setiap kondisi yang mungkin terjadi. Agar koperasi tidak mudah goyah saat menghadapi masalah-masalah yang muncul.
Serta perlu adanya promosi mengenai kegiatan koperasi kepada masyarakat luas untuk membantu permodalan koperasi. Agar masyarakat tahu mengenai keberadaan koperasi tersebut.
Langkah berikutnya adalah dengan memperluas pemasaran koperasi dan menjual produk-produk dengan harga yang relatif lebih murah dari badan usaha lain.
Koperasi dapat menekan biaya produksi semininal mungkin dengan cara mengurangi biaya-biaya yang dirasa kurang penting. Sehingga dapat menghasilkan produk dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat.
Melalui beberapa langkah tersebut diharapkan dapat menjadi solusi bagi koperasi untuk lebih mandiri dan terlepas dari campur tangan pemerintah. Serta mampu bertahan dalam persaingan ketat perekonomian Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

atie's blog Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by faris vio Templates Image by vio's Notez